Minggu, 10 Juni 2012

Uji Semen PCC, Semen Padang Gandeng Balai Pengujian Mutu


Berita » Press Release
Selasa, 31 Januari 2012 | 17:02:00 WIB

Padang, 31/1 (SP) - Dalam rangka menguji kualitas Semen Portland Komposit (Porland Composite Cement/PCC) setara dengan Semen Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement/OPC), PT Semen Padang menggandeng UPTD Balai Pengujian Mutu Bahan & Pekerjaan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang & Pemukiman Provinsi Sumbar, untuk melakukan kerjasama.
"Kualitas semen PCC setara dengan Tipe I, dengan sedikit perbedaan dalam karakteristiknya. Namun belum semua konsumen percaya akan hal tersebut. Oleh karena itu, PT Semen Padang melakukan pembuktian melalui kerjasama dengan UPTD Balai Pengujian Mutu Bahan & Pekerjaan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang & Pemukiman Provinsi Sumbar," kata Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin, pada acara penandatanganan MoU, di Kantor Pusat PT Semen Padang, Selasa (31/1/2012).
Hadir pada kesempatan itu, Direktur Litbang dan Operasi PT Semen Padang Agus Boing Nurbiantoro, Kepala UPTD Balai Pengujian Mutu Bahan & Pekerjaan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang & Pemukiman Provinsi Sumbar, Ridha S.Putra, Dirut PT Igasar Desri Ayunda, Sekretaris Perusahaan PT Semen Padang Firdaus, Kepala Departemen Litbang & Jaminan Kualitas PT Semen Padang Durain Parmanoan, Kepala Departemen PT Semen Padang Renbangsar Edwin, dan staf lainnya.
Munadi mengungkapkan, PT Semen Padang sebagai industri yang memproduksi semen sudah berkiprah lama. Dalam perjalanannya, ada pengembangan jenis-jenis produk semen. Selama ini orang hanya mengenal semen Tipe I. Sementara adanya jenis semen jenis lain seperti PCC belum tersosialisasi baik. Padahal semen tipe ini selain memiliki kualitas bagus, tapi juga ramah lingkungan.
Dalam kaitan itu, Munadi memandang perlu sosialiasi pada konsumen. Di samping itu, diperlukan panduan layanan konsumen secara efektif. "UPTD Balai Pengujian Mutu Bahan & Pekerjaan diharapkan bisa mensosialiasikan. Demikian pula laboratorium-laboratorium independen, bisa membantu mensosialisasikannya," kata Munadi.
Sejalan dengan tuntutan agar industri lebih ramah lingkungan dengan mengurangi pemakaian sumber daya alam dan energi serta mengurangi pembuangan CO2 ke udara bebas, PT Semen Padang melakukan pengembangan jenis produknya, salah satunya dengan memproduksi semen PCC. Produksi semen jenis ini dilakukan melalui optimalisasi klinker dengan penambahan bahan aktif seperti pozzolan, fly-ash dan bahan lain yang berfungsi memperbaiki daya rekat dan kemudahan dalam pengerjaan.
Semen PCC memiliki banyak keunggulan, antara lain, lebih mudah dalam pengerjaan (workability), suhu beton (panas hidrasi) lebih rendah sehingga tidak mudah retak, lebih tahan terhadap serangan sulfat, lebih kedap air, permukaan acian lebih halus, lebih ramah lingkungan (mengurangi gas CO2 ke udara) karena  mengurangi energi bahan bakar (batubara) dan bahan baku dengan optimalisasi penggunaan klinker (terak).
PCC mempunyai kuat tekan yang setara dengan Semen Tipe 1, PCC dapat juga digunakan untuk konstruksi umum pada  berbagai mutu beton seperti perumahan, bangunan bertingkat, jembatan, jalan raya, landasan pacu pesawat  udara, bendungan, bangunan irigasi, pembuatan komponen bahan bangunan, plesteran, acian dan lain-lain.
Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama dengan PT Igasar dalam bidang pengembangan berbagai mutu yang diperdagangkan dalam industri konstruksi, mencakup rancangan campuran, pembuatan, pengangkutan, dan pengecoran serta kontrol kualitas oleh PT Igasar yang merupakan anak perusahaan PT Semen Padang. (*)

sadur artikel dari :www.semenpadang.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar